Zero Disabilities

Yamakindo > Zero Disabilities
Apa itu Zero Disabilities ?
Tema Hari Kusta Internasional 2018 tersebut di atas sungguh merupakan senjata ampuh untuk membasmi kusta dari bumi secara tuntas. Sebab, kalau kusta dapat disembuhkan tanpa meninggalkan bekas disabilities (kelainan), maka akan sirnalah juga stigma, purbasangka, diskriminasi dan mythos sekaligus.
Program pembasmian kusta secara komprehensif terdiri atas upaya:

1. Penemuan kusta
1.1 penemuan pada stadium dini, diobati lengkap, segera dan teratur tak akan berbekas.
1,2 Pemberdayaan: masyarakat di beri pencerahan sbb: setiap kelainan kulit ringan seperti panu segera dilapor pada Puskesmas terdekat.
1.3 Penyebaran pengetahuan tentang kusta pada masyarakat, di lembaga pendidikan (sekolah) dan keagamaan (gereja dan mesjid).
1.4 Pemeriksaan rutin kesehatan murid-murid sekolah termasuk pemeriksaan kulit anak secara seksama..
1.5 Penyakit kusta yang ditemukan diobati teratur secara tuntas dan teratur (tanpa bolong= mangkir). Yang mangkir dikunjungi rumah untuk menyambung pengobatan secara teratir.

2. Pemberdayaan Puskesmas
2.1 Puskesmas dibekali obat kusta yang memadai dan cukup pada setiap saat.
2.2 Puskesmas dilengkapi Tenaga Program pemberantasan Kusta yang terlatih melakukan pengawasan program pemberantasan kusta secara konsisten dan konsekuen.
Program pemberantasan Kusta dilakukan di daerah yang pernah dijangkiti penyakit kusta dan dilakukan secara teratur sampai insidensi kusta nihil dan selama waktu yang ditentukan oleh fihak yang berwenang.

Membantu kami memberdayakan orang yang pernah mengalami kusta menjadi mandiri.
Silakan menghubungi Kantor Yamakindo di 0812-88332344.

Dr Muherman Harun
Pembina Kehormatan for YAMAKINDO
Hari Kusta Sedunia
Jakarta, 28 Januari 2018

X